CODE OF CONDUCT

Kode Etik

BAB I - Ketentuan Umum

Pasal 1

Dalam kode Etik ini yang dimaksud dengan :

  1. Perusahaan adalah PT. NULIFE INDONESIA SEJAHTERA (untuk selanjutnya disebut NULIFE ) yang bergerak di bidang usaha perdagangan produk, dimana sistem atau cara pemasaran nya dilakukan melalui kegiatan penjualan berjenjang ( Multi Level Marketing ).
  2. Partner Stockist dan Master Stockist adalah orang perorang atau badan hukum Indonesia yang bersedia bergabung dan memasarkan Produk dalam jaringan pemasaran yang telah dimiliki dan dikembangkan oleh NULIFE dan telah mendapatkan persetujuan dari NULIFE untuk menjadi anggota dari usaha perusahaan dan bukan merupakan bagian dari struktur organisasi perusahaan.
  3. Posisi adalah jenjang karier member dalam usaha NULIFE dengan urutan atau level sebagai berikut :
    • Member
    • A. Ruby
    • B. Saphire
    • C. Emerald
    • D. Diamond
    • E. Red Diamond
    • F. Blue Diamond
    • G. White Diamond
    • H. Black diamond
  4. Sponsor : Member yang merekrut langsung member baru.
  5. Upline : Member yang secara struktur jaringan berada diatas downline.
  6. Downline adalah member yang disponsori dari member lain
  7. Website adalah alamat domain di dunia maya, yang berisi tentang aktivitas perusahaan, marketing plan dan informasi seputar produk-produk NULIFE.
  8. Konsumen adalah pembeli akhir dari produk–produk yang dipasarkan NULIFE dengan tujuan untuk dipakai sendiri.
  9. Produk adalah setiap barang yang di pasarkan oleh NULIFE kepada para member.
  10. Jaringan adalah seluruh member yang berada dalam kelompok pohon member yang bersangkutan.
  11. Starter kit adalah panduan yang diberikan oleh NULIFE kepada member baru yang berisi antara lain : Kode Etik dan peraturan member, katalog produk, Daftar Harga,company profile, Formulir-Formulir keanggotaan dan alat bantu lain nya. Isi starter kit ini akan terus dilakukan perubahan perubahan baik pengurangan maupun penambahan sesuai kebutuhan.
  12. WEBSITE Resmi NULIFE adalah www.nulife.co.id , Informasi Elektronik yang telah terdaftar atas Nama NULIFE, Sebagai sarana pengembangan Usaha, Informasi usaha, Promosi dan pendaftaran keanggotaan.
  13. Bonus Harian, adalah bonus yang terdiri dari bonus sponsor dan bonus pairing yang di berikan tiap-tiap hari kepada seorang member yang berhak memperolehnya karena telah memenuhi ketentuan dan syarat - syarat yang ditentukan NULIFE.
  14. Bonus Unilevel adalah bonus yang diberikan tiap-tiap bulanan oleh NULIFE kepada seorang member yang berhak memperoleh nya karena telah memenuhi ketentuan atau syarat- syarat yang ditentukan NULIFE.
  15. Bonus Mingguan : Bonus peringkat yang diberika oleh NULIFE kepada seorang member yang berhak memperoleh karena telah memenihi ketentuan dana tau syarat-syarat yang ditentukan NULIFE
  16. Reward : Bonus yang diberikan sesuai dengan ketentuan perusahaan diluar garis sponsor, pasangan, unilevel dan peringkat.
  17. Monopoli adalah penguasaan atas produk atau pemasaran produk tertentu oleh salah satu pelaku usaha atau satu jaringan pelaku usaha.
 

BAB II - Tentang Member

Bagian Pertama

Umum

Pasal 2

  1. Kesempatan untuk menjadi member adalah sama untuk setiap orang dan tidak bergantung pada jenis kelamin, suku bangsa, golongan maupun agama. Seorang member harus memiliki kewarganegaraan Indonesia atau surat Izin tinggal (KIMS/KITAS) bagi orang asing yang tinggal di Indonesia.
  2. Seorang calon member yang telah mengisi dan melakukan registrasi berarti calon member telah sepakat untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam kode etik dan peraturan member ini dan paket yang berlaku berikut dengan perubahan-perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh NULIFE.
  3. Setiap member mulai posisi User sampai dengan black diamond dianggap telah membaca, mengerti dan memahami serta melakukan segala ketentuan yang diatur dalam kode etik dan peraturan member ini dan paketyang berlaku dengan baik dan benar termasuk perubahan-perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh NULIFE.
  4. Setiap Member harus menjaga nama baik NULIFE dan segenap karyawan nya serta tidak mencemarkan atau menjelekan nama baik NULIFE atau member lain nya. NULIFE berhak mencabut keanggotaan seorang member yang telah melakukan perbuatan yang nyata-nyata mengakibatkan pencemaran nama baik NULIFE akibat perbuatan tersebut.
  5. NULIFE berhak mencabut keanggotaan seorang member yang telah terbukti secara hukum terlibat tindak pidana penyalahgunaan narkoba, perjudian, pencurian penipuan maupun perbuatan asusila.
  6. Setiap member berhak mensponsori calon member-member baru diseluruh wilayah hukum Indonesia.
  7. Setiap member adalah berdiri sendiri, tidak termasuk dalam struktur organisasi NULIFE dan tidak mempunyai ikatan jam kerja dengan NULIFE sehingga tidak berhak mendapatkan gaji atau tunjangan dari Nulife dalam betuk apapun juga tidak berhak menuntut NULIFE untuk memberikan tunjangan seperti yang dimaksud.
  8. Seorang member yang telah mencapai prestasi tertentu dapat mengajukan permohonan untuk menjadi member atas nama satu badan hukum yang telah mendapat pengesahan dari yang berwenang dengan syarat – syarat yang ditentukan oleh NULIFE. Penentuan prestasi tertentu tersebut adalah hak mutlak dari NULIFE.
  9. Segala perubahan dan hal – hal lain yang berhubungan dengan status kememberan harus disampaikan secara tertulis kepada NULIFE dimana identitas member yang bersangkutan harus sama form registrasi atau identitas terakhir yang terlampir. Apabila terdapat perbedaan identitas antara yang tertera pada form registrasi dengan identitas permohonan perubahan data, NULIFE berhak untuk mengabaikan permohonan tersebut.
  10. seluruh perubahan data ke memberan harus disampaikan melalui procedural yangtelah ditetapkan NULIFE.
 

Bagian Kedua

Pendaftaran Member Baru

Pasal 3

  1. Pendaftaran member baru dilakukan di tempat yang ditunjuk NULIFE atau melalui pendaftaran secara elektronik di website resmi www.nulife.co.id. NULIFE tidak dapat menerima pendaftaran member baru yang dilakukan selain ditempat yang ditunjuk oleh NULIFE.
  2. Setiap permohonan (calon member) harus sudah berumur 17 ( tujuh belas ) Tahun atau sudah pernah menikah sebelum berumur 17 ( tujuh belas ) tahun, Permohonan dapat diajukan, kecuali dalam hal pewarisan dikarenakan meninggal dunia ( lihat ketentuan pasal 8 BAB II bagian kelima tentang pewarisan keanggotaan ).
  3. Untuk menjadi seorang member, seorang pemohon pertama-tama harus disponsori oleh salah seorang member lainya yang masih aktif dan masa keanggotaanya belum kadaluarsa.
  4. Untuk mendaftar keanggotaan, setiap pemohon dikenakan biaya pendaftaran yang besarnya ditentukan secara sepihak oleh NULIFE dan akan mendapatan 1(satu) set Starter Kit dan 1 (satu) set produk.
 

Pasal 4

  1. Pendaftaran menjadi member harus dibuat pada form registrasi baik secara manual atau secara elektronik yang dikeluarkan oleh NULIFE. Semua pertanyaan dan persyaratan dengan formulir tersebut harus diisi atau dijawab dengan jujur dan disertain persyaratan lengkap, dimana hasilnya harus disetujui dahulu oleh NULIFE.
 

Bagian Ketiga

Larangan Keanggotaan Ganda

Pasal 5

  1. Apabila terbukti bahwa seorang member aktif, kemudian mendaftarkan keanggotaanya dengan menggunakan upline yang lain, baik karena kemauan sendiri maupun karena dipengaruhi oang lain, maka keanggotaanya yang baru akan dicabut dan seluruh jaringan dari keanggotaan yang baru tersebut.
 

Bagian Keempat

Keanggotaan Suami Istri Dan Bujangan

Pasal 6

  1. Setiap satu nomer keanggotaan berlaku seorang member yang tercatat dalam form registrasi dan sekaligus untk pasanganya (suami atau istri) yang sah secara hukum.
  2. Member yang masih bujangan dan kemudian menikah, maka dalam tenggang waktu 1 (satu) bulan setelah pernikahanya, member tersebut harus memberi tahu kepada NULIFE tentang perubahan status pernikahanya dengan cara kirim data ke bagian admin.
  3. Jika sepasang suami istri, keduanya sudah menjadi member sebelum menikah dan salah satu belum mencapai diamond keatas, maka yang bersangkutan harus memilih salah satu keanggotaan tersebut sedangkan yang lainya harus dihentikan atau dihibahkan ke orang lain. Namun kedua-duanya telah berposisi diamond keatas, maka kedua-duanya berhak atau boleh menerusakan ke anggotaanya masing – masing.
  4. Segala ketentuan dalam kode etik ini, mengikat member dan pasanganya (suami atau istri) yang namanya tercantum dalam kartu anggota NULIFE.
 

Pasal 7

  1. Apabila seorang member memiliki lebih dari 1 (satu) istri yang SAH maka segala hadiah dan fasilitas (Seperti perjalanan ke luar negeri, asuransi kecelakaan, pin, sertifikat, hadiah promo) hanya berlaku untuk seorang istri yang namanya telah ditunjuk oleh member dalam form registrasi.
  2. Jika member bercerai, maka yang berhak terhadap keanggotaan NULIFE adalah yang namanya tercantum dalam form registrasi (bukan nama pasangan), kecuali ada kesepakatan bersama atau jika pihak pengadilan menentukan lain. Segala akibat hukum yang timbul dikemudian hari akibat adanya perceraian tersebut adalah menjadi kewajiban dan tanggung jawab member yang bersangkutan.
 

Bagian Kelima

Pewarisan Keanggotaan

Pasal 8

  1. Jika seorang member meninggal dunia, maka keanggotaannya tersebut dengan sendirinya kepada pasangannya yang masih hidup, kecuali seluruh ahli warisnya membuat kesepakatan tersendiri dan mengajukan kepada perusahaan serta telah disetujui oleh pasangan tersebut. Pasangan yang masih hidup tersebut wajib menunjukkan akta kematian pasangannya dan menandatangani form registrasi.
  2. Bagi member yang belum menikah atau sudah bercerai maka keanggotaan dapat diwariskan kepada ahli waris yang namanya tercantum dalam form registrasi.
  3. Apabila terjadi sengketa oleh pihak lain perihal kewarisan ini maka NULIFE akan mengikuti keputusan akhir dari pengadilan. Selama dalam proses penyelesaian sengketa tersebut kememberan dapat diambil alih sementara oleh NULIFE sampai mendapat keputuan hukum yang tetap.
  4. Jika ternyata si Penerima warisan telah menjadi member, maka yang bersangkutan wajib memilih keanggotaan salah satu diantaranya, dimana yang satunya lagi dapat dihibahkan kepada orang lain.
  5. Jika seorang penerima warisan belum berumur 17 ( Tujuh Belas) tahun, maka NULIFE berhak menunjuk seorang dari kerabat keluarga si penerima warisan untuk menjadi walinya sampai yang bersangkutan berumur 17 (Tujuh Belas) tahun.
  6. Dalam hal si penerima waris juga meninggal dunia, maka NULIFE akan menunjuk ahli waris terdekat sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia atau berdasarkan hasil musyawarah para ahli waris yang ada (yang dibuat dihadapan notaris).
  7. Dalam hal pewarisan kememberan, maka segala hadiah dan fasilitas (Seperti perjalanan ke luar negeri, asuransi kecelakaan, pin, sertifikat, hadiah promo) tidak dapat dipindahkan kepada sipenerima warisan, kecuali fasilitas-fasilitas umum seperti bonus bulanan. Segala fasilitas dan hadiah lainnya dapat dinikmati jika sipenerima warisan mengalami kenaikan posisi ataupun memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam PAKET.
 

Pasal 9

  1. Keanggotaan member tidak dapat dialihkan dengan cara apapun termasuk hibah maupun jual beli keanggotaan kepada pihak lain kecuali :
    • Karena adanya perkawinan antar member sebagaimana tercantum dalam Bab II Pasal 6
    • Karena adanya pewarisan sebagaimana tercantum dalam Bab II Pasal 8
 

Bagian Keenam

Berhentinya keanggotaan seorang member

Pasal 10

  1. Masa Keanggotaan seorang member dinyatakan berakhir bila:
    • a. Telah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang lagi oleh yang bersangkutan (lihat ketentuan Bab II bagian ketujuh Pasal 11 Ayat 1), Maka segala hadiah dan faslitas yang belum dinikmatinya secara otomatis akan dianggap hangus.
    • b. Member yang bersangkutan mengundurkan diri dengan terlebih dahulu menyampaikan permohonan tertulis kepada NULIFE dan telah disetujui oleh NULIFE.
    • c. Dicabut keanggotaannya karena pelanggaran Kode Etik.
    • d. Dicabut keanggotaannya karena ada keputusan atau perintah dari pengadilan.
  2. Jika berakhirnya keanggotaan karena dicabut (1.c) atau karena ada putusan atau perintah dari pengadilan (1.d), maka segala fasilitas dan bonus yang belum diterima secara otomatis dinyatakan hangus.
  3. Seorang member yang sudah dicabut keanggotaannya, baru dapat memohon kembali menjadi member setelah 6 (enam) bulan kemudian dengan pertimbangan bahwa pelanggaran yang dilakukan sebelumya masih dapat ditolerir oleh NULIFE. Yang bersangkutan akan mendapat nomor keanggotaan baru dan memulai usahanya dari awal (posisi member atau user).
  4. NULIFE berhak sepenuhnya tanpa harus memberikan alasan untuk menolak apabila seorang member yang sudah dicabut karena melanggar kode etik, bermaksud mendaftarkan diri kembeli menjadi member NULIFE.
 

Pasal 11

  1. Member yang terindikasi ada atau terbukti melakukan suatu penempatan posisi structural di jaringan binary dengan tidak wajar dan dinilai merugikan perusahaan maka NULIFE berhak sepenuhnya untuk melakukan tindakan pembekuan akun yang terkait di dalam jaringan tersebut.
 

BAB III - Tanggung Jawab dan kewajiban Upline atau Leader

Pasal 12

  1. Seorang upline wajib menjaga perilaku yang baik dengan memberikan bimbingan, pelatihan dan penjelasan segala sesuatu hal yang berhubungan dengan usaha NULIFE dengan benar, tulus dengan tidak memberikan keterangan yang menyesatkan (menipu) para downline (atau calon downlinenya) baik dalam hal produk maupun PAKET NULIFE.
  2. Untuk melindungi dan membangun jaringan member maka seorang upline tidak diperbolehkan menawarkan, membujuk, berusaha mengajak, mempengaruhi atau merebut calon member baru yang sudah mempunyai upline lain, termasuk kepada member yang keanggotaannya masih berlaku, baik yang berada dalam jaringannya maupun dalam jaringan member lain untuk pindah jaringan, secara langsung atau tidak langsung.
 

Pasal 13

Nulife akan melakukan tindakan administrative berupa himbauan, peringatan keras maupun pencabutan terhadap pelanggaran ketentuan sebagaimana yang diatur dalam pasal 12.

 

BAB IV - Penghitungan dan pembayaran Bonus

Pasal 14

  1. Satu periode penjualan adalah tanggal 1 bulan berjalan sampai dengan akhir bulan berjalan tersebut sesuai dengan kalender masehi.
  2. Hanya para member yang memenuhi syarat yang ada di system saja yang akan mendapatkan bonus.
  3. Bonus yang berhak diterima member akan dibayarkan dengan cara :
    • A. Transfer langsung
      Ketentuan ini mengatur bagi member yang memperoleh bonus harian, mingguan dana tau bulanan, maka NULIFE akan mengirimkan langsung bonus yang diterima member melalui bank yang ditunjuk member bersangkutan. Segala biaya akan dibebankan oleh bank terhadap pengiriman bonus menjadi beban dan tanggung jawab member yang bersangkutan, dimana biaya tersebut akan dipotong langsung dari bonus tersebut. NULIFE tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu terhadap bonus seseorang member setelah transaksi melalui bank tersebut dilakukan.
    • B. Setiap member, wajib memiliki rekening bank yang atas namanya sendiri atau pasanganya yang sah secara hukum. Penghitungan dan pengiriman bonus ini juga mengikuti system perpajakan yang berlaku di Indonesia, dimana setiap member yang mendapatkan bonus akan langsung dipotong pajak penghasilan (pph) dan pajak pertambahan (ppn) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Segala perpajakan dari seorang member menjadi beban dan tanggung jawab seorang member yang bersangkutan dan tidak ada sangkut pautnya dengan NULIFE.
  4. Jika seorang member melakukan tindakan yang merugikan NULIFE dari segi materil (sepanjang bisa dibuktikan secara hukum), maka NULIFE berhak langsung memotong kerugian tersebut dari bonus yang bersangkutan ditambah denda sebesar 5% (lima persen) di atas suku bunga bank Indonesia (SBI) sampai dengan terpenuhinya kerugian tersebut, atau perusahaan berhak melakukan hold atas bonus dari member yang terbukti melakukan perbuatan yang berindikasi merugikan perusahaan. Setelah segala kerugian yang ditimbulkan member tersebut diselesaikan, maka NULIFE berhak untuk segera menghentikan keanggotaaan yang bersangkutan, perbuatan yang berindikasi merugikan perusahaan tersebut antara lain:
    • a. Melakukan rekayasa system dan berpola yang berakibat pada kerugian perusahaan yang kami istilahkan “POLA SNIPER”.
    • b. Melakukan tindakan pencurian PIN.
 

BAB V - Penjualan

Pasal 14

  1. Setiap member wajib melakukan pelayanan purna jual terhadap setiap konsumennya.
  2. Member Dilarang mencabut atau merusak atau mengganti segala NULIFE atau stiker yang tertera pada setiap kemasan produk, brosur ataupun alat bantu jual lainya yang dikeluarkan NULIFE yang dapat menyebabkan kesalahpahaman oleh konsumen.
  3. Member tidak boleh membuat suatu penjelasan sendiri berkenaan dengan produk–produk NULIFE, selain dari yang tertulis pada NULIFE produk atau brosur–brosur resmi yang dikeluarkan NULIFE, kecuali secara resmi telah mendapat izin dari NULIFE.
  4. Member dilarang menjual produk–produk yang sudah kadaluarsa atau rusak.
  5. Member yang hendak membuka stand pameran produk NULIFE dalam suatu acara bisnis tidak diperbolehkan melakukan penjualan, kecuali telah mendapat izin secara tertulis dari NULIFE untuk membuka stan pameran produk tersebut.
 

Pasal 16

  1. Ketika seorang member menjual produk (dalam keadaan bagaimanapun) tidak boleh salah dalam menjelaskan kualitas, daya guna, cara pemakaian ataupun kandungan dari produk-produk yang dipasarkan NULIFE.
  2. Member harus sopan dan tidak memaksa pada saat menawarkan produk-produk NULIFE.
  3. Setiap Member harus memberikan bon pembelian (kwitansi pembelian) kepada konsumennya apabila diminta. Setiap bon pembelian harus mencantumkan jumlah produk, jenis produk, jumlah harga, nama, nomor kode, tanggal transaksi dan tanda tangan member yang bersangkutan.
  4. Pada setiap penjualan member wajib memberikan penjelasan yang benar mengenai Jaminan Kepuasan Konsumen dan jika dikemudian hari konsumen tersebut menggunakan haknya sesuai jaminan tersebut, member yang bersangkutan wajib melayani sebaik dan secepat mungkin sebagaimana diatur dalam Undang - undang Perlindungan Konsumen.
  5. Member tidak berhak menjelaskan dengan mengatas namakan NULIFE berkenaan dengan kesalahan pemakaian atau konsumen dalam hal pemakaian atau penggunaan produk-produk NULIFE.
  6. NULIFE tidak bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran pasal 15 dan 16, Member yang melanggar hal tersebut, harus mengganti segala kerugian yang ditimbulkannya, baik kepada NULIFE maupun pihak ketiga yang dirugikan, termasuk dari segi aspek hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
 

BAB VI - Nama dan Logo NULIFE

Pasal 17

  1. Semua produk-produk NULIFE telah didaftarkan di instansi yang berwenang baik merk, logo maupun hak cipta nya, sehingga member dilarang keras memproduksi, menjual atau mengusahakan dari sumber lain produk-produk NULIFE maupun alat bantu produk, seperti buku-buku, spanduk, makalah seminar, pin, sertifikat penghargaan, kartu nama maupun produk-produk lain nya yang bukan resmi dikeluarkan NULIFE sebelum terlebih dahulu diizinkan secara tertulis oleh NULIFE.
  2. Seorang member tidak boleh mengaku bahwa dia mempunyai kedudukan atau dapat mewakili NULIFE dalam hal apapun, misal nya membuat ikatan kerja, menjual saham NULIFE, memberikan penjelasan kepada media massa atau hal lain nya yang sifat nya seolah–olah mewakili NULIFE.
 

Pasal 18

  1. NULIFE hanya memberikan izin kepada member yang telah berposisi minimal diamond untuk menggunakan logo NULIFE untuk keperluan pengembangan jaringan, seperti antara lain undangan, spanduk, umbul-umbul, sertifikat penghargaan maupun buku.
  2. Izin sebagaimana ayat 1(satu), diberikan dengan syarat yang bersangkutan telah mengajukan permohonan tertulis kepada NULIFE dan telah mendapatkan persetujuan tertulis dari NULIFE.
 

Pasal 19

Demi menjaga dan memelihara integritas usaha NULIFE, maka bagi pihak-pihak dan termasuk member di dalamnya yang dengan sengaja atau tanpa sengaja menggunakan merek dagang logo NULIFE tanpa izin dari NULIFE, maka atas pelanggaran tersebut NULIFE tanpa peringatan terlebih dahulu berhak mencabut kartu keanggotaan member, serta dapat menempuh jalur hukum baik pidana maupun perdata.

 

BAB VII - Kegiatan yang Dilarang

Bagian Pertama

Umum

Pasal 20

  1. Member, Stockist termasuk Master Stockiest dilarang menggunakan atau memanfaatkan jaringan NULIFE untuk mengadakan pelatihan-pelatihan atau acara khusus di luar bisnis NULIFE atau bersifat komersial, kecuali telah mendapatkan izin secara tertulis dari NULIFE.
  2. Dalam menjalankan aktivitasnya, member tidak diperkenankan menggunakan suatu aktivitas pertemuan NULIFE untuk kepentingan lainnya yang berhubungan dengan politik atau SARA.
  3. Seorang member dilarang menyatakan bahwa dia ataupun member lainnya mempuanyai suatu daerah penjualan tertentu secara monopoli.
  4. NULIFE akan melakukan tindakan administrative berupa himbauan, peringatan, peringatan keras atau pencabutan keanggotaan terhadap pelanggaran ketentuan sebagaimana yang diatur dalam pasal ini.
 

Bagian Kedua

Bergabung Dengan MLM Lain

Pasal 21

  1. Member dilarang mempengaruhi atau mengajak member NULIFE lainnya menjadi anggota perusahaan MLM lain atau segala jenis usaha perdagangan yang menggunakan system jaringan dalam bentuk apapun.
  2. Member dilarang memasarkan produk atau jasa perusahaan MLM lain dan menjelek-jelekkan, membandingkan produk atau jasa NULIFE dengan produk jasa yang dipasarkan oleh perusahaan lainnya.
  3. Member dilarang menjadi pemilik, bagian dari manajemen, bagian dari dewan pembina atau jabatan struktural lainnya dalam perusahaan MLM lain atau perusahaan sejenis yang menggunakan sistem bisnis berjenjang.
  4. Member yang sudah berposisi red diamond ke atas, dan sudah pernah menerima bonus diamond (termasuk pasangannya) dilarang menjadi anggota (member) diperusahaan MLM lain atau segala jenis usaha perdagangan yang menggunakan sistem jaringan (network) dalam bentuk apapun.
  5. NULIFE berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini.
 

Bagian Ketiga

Penjualan ID Paket

Pasal 22

  1. Demi menjaga kelangsungan usaha NULIFE serta melindungi kepentingan member dalam menjalankan usaha nya, maka dalam menjalankan aktivitas nya member dilarang menyalah gunakan system PAKET yang berlaku, antara lain seperti hal-hal yang diatur berikut ini:
    • a. Member dilarang menarik dana dari member atau calon member dengan maksud untuk memenuhi persyaratan PAKET NULIFE atau dengan menjanjikan mendapatkan prestasi atau posisi dengan cara singkat, sehingga dimungkinkan merusak citra NULIFE ataupun mengganggu keberlangsungan usaha NULIFE.
    • b. Menarik dana dari member tanpa membeli produk.
    • c. Melakukan jual beli poin dan nilai rabat dengan maksud untuk memenuhi persyaratan.
    • d. Dilarang Jual beli ID PAKET.
  2. NULIFE berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini.
 

Bagian Keempat

Penjualan Produk

Pasal 23

  1. Produk-produk NULIFE tidak boleh dijual atau dipamerkan ditoko-toko, toko obat, toko online, apotek, supermarket, kios-kios, atau tempat-tempat umum lain nya yang serupa, kecuali ditempat-tempat yang ditunjuk NULIFE.
  2. Harga jual dari semua produk (harga konsumen) ditentukan oleh NULIFE. Member dilarang untuk menjual produk-produk tersebut dengan harga yang lebih rendah atau harga yang lebih tinggi dari harga konsumen.
  3. NULIFE berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggaran pasal ini.
 

Pasal 24

  1. Member dilarang untuk melakukan pembelanjaan produk yang melebihi batas wajar yang bertujuan untuk menimbun produk.
  2. Member dilarang membelanjakan, menggunakan, menjalankan akun keanggotaan yang bukan atas nama nya sendiri.
  3. Akun keanggotaan member dilarang dibelanjakan, digunakan, dijalankan oleh orang lain selain diri nya sendiri.
  4. NULIFE berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggar pasal ini.
 

Bagian Kelima

Melakukan Kegiatan Ekspor Impor

Pasal 25

Member tidak diperkenan kan melakukan kegiatan ekspor - impor segala produk atau produk yang dipasarkan NULIFE (Indonesia), baik dari maupun ke negara lain, ataupun membantu pihak lain untuk melakukan hal tersebut. NULIFE berhak mencabut keanggotaan member tanpa peringatan terlebih dahulu terhadap pelanggar pasal ini dan akan menempuh jalur hukum baik pidana maupun perdata terhadap pelanggar ketentuan ini.

 

BAB VIII - Perihal Pelaporan Pengaduan

Pasal 26

  1. Laporan pengaduan dapat diajukan oleh seorang member yang berkepentingan dan merasa dirugikan oleh ditributor lainnya.
  2. Laporan pengaduan harus dilaporkan secara tertulis kepada NULIFE atau tempat-tempat yang ditunjuk oleh NULIFE disertai dengan alasan-alasannya dan bukti-bukti yang cukup.
  3. Laporan pengaduan yang dapat diajukan hanyalah yang mengenai pelanggaran terhadap peraturan dan Kode Etik NULIFE.
  4. NULIFE menjamin kerahasiaan setiap identitas pengadu atau pelapor.
 

BAB IX - Sanksi

Pasal 27

  1. NULIFE berhak sepenuhnya memberikan sanksi maupun melakukan peninjauan kembali atas sanksi yang dikeluarkan apabila dianggap perlu terhadap seorang yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik maupun PAKET, baik hal tersebut berdasarkan laporan pengaduan maupun hasil pemeriksaan dari pihak NULIFE.
  2. Dengan pertimbangan atas berat dan ringannya sifat pelanggaran kode etik dan peraturan member, pelanggaran dapat dikenakan sanksi berupa:
    • a. Himbauan
    • b. Klarifikasi
    • c. Peringatan
    • d. Pencabutan keanggotaan
  3. Untuk melindungi dan menjaga ketenangan member pada umumnya ataupun untuk menjaga keberlangsungan usaha perusahaan akibat perbuatan yang dilakukan member yang melanggar kode etik ini, maka perusahaan berhak untuk memberikan sanksi berupa pemberhentian sementara untuk waktu tertentu ataupun pencabutan keaggotaan member tanpa memberikan peringatan terlebih dahulu.
  4. Pemberian sanksi berupa pencabutan keanggotaan member dilakukan oleh pejabat di Departemen Hukum NULIFE atau Direksi NULIFE atau kuasa hukum yang ditunjuk NULIFE, dan diberitahukan kepada yang bersngkutan dalam bentuk tertulis.
  5. Nama anggota dan nomor anggota dari member yang dicabut keanggotaannya akan dicantumkan dalam website resmi atau majalah NULIFE maupun media informasi lainnya yang dikeluarkan resmi oleh NULIFE.
  6. Segala bonus hadiah yang belum diterima tidak akan diberikan kepada yang bersangkutan, dan dinyatakan hangus terhitung sejak tanggal efektif pencabutan.
 

BAB X - Penyelesaian Perselisihan

Pasal 28

  1. Apabila terjadi perselisihan antara member dan NULIFE mengenai pelaksanaan Peraturan dan Kode Etik ataupun kebijakan lain yang dikeluarkan oleh NULIFE kepada member, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan sesuai dengan prosedur-prosedur hukum serta persyaratan administrasi yang berlaku pada Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Segala keputusan dan ketentuan BANI adalah bersifat mutlak dan bersifat mengikat semua pihak.
  2. Segala biaya yang dikeluarkan yang timbul dalam perselisihan tersebut akan ditanggung oleh masing-masing pihak atau mengikuti ketentuan yang telah diatur BANI.
 

BAB XI - Penutup

Pasal 29

  1. Kode etik dan peraturan member ini berlaku di wilayah Indonesia terhitung sejak tanggal 1 Mei 2017 sampai dengan adanya perubahan atau pembaruan selanjutnya.
  2. Jika sepanjang berlakunya kode etik dan peraturan member ini terdapat perubahan atau kebijakan yang dilakukan NULIFE, maka perubahan tersebut akan disampaikan melalui website atau majalah resmi NULIFE atau diumumkan melalui kantor cabang customer center setempat.
  3. Dengan diberlakukanya kode etik dan peraturan member ini, maka kode etik dan peraturan member yang pernah ada dan berlaku sebelumnya, dinyatakan tidak berlaku lagi.
  4. NULIFE berhak untuk mengambil kebijakan sendiri terhadap hal-hal yang belum diatur dalam kode etik dan peraturan member ini.
  5. NULIFE berhak sepenuhnya untuk melakukan perubahan baik penambahan, pengurangan, maupun pembaharuan terhadap kode etik dan peraturan member maupun patner dari waktu ke waktu demi menjaga kelangsungan usaha NULIFE.